Header Ads

BERSAMA KITA TINGKATKAN MUTU DAN PRESTASI Dies Natalis Universitas Tribuana Kalabahi Ke-9


B
ersama Kita Tingkatkan Mutu dan Prestasi merupakan spirit dan semangat yang diusung oleh Universitas Tribuana Kalabahi pada perayaan Dies Natalis Ke-9. Sebagai bentuk rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada Sang Pencipta, Untrib Kalabahi melaksanakan ibadah syukur dies natalis pada tanggal 01/08/2016 betempat di Aula Pola Tribuana. Berdasarkan pantauan AK acara ini dihadiri oleh Sekda Kab Alor, Forum komunikasi pimpinan daerah, Pimpinan gereja, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda, Tokoh perempuan, Civitas akademika untrib dan turut serta hadir Alumni untrib yang tersebar diberbagai medan layan.
P
erayaan dies natalis ini dimulai dengan ibadah syukuran yang dipimpin oleh Pdt.Yuliana Lahal Taemenas,S.Th dengan renungan khotbah terambil dalam kitab keluaran 17:8-16. Berdasarkan pada pasal kitab tersebut, Ia memberikan pesan refleksi iman bahwa Untrib tidak boleh lari dari tantangan, perlu ada kerja sama, pengorbanan dan tidak boleh mencari keuntungan diri.
Selanjutnya dalam sambutan-sambutan, sambutan pertama disampaikan oleh Rektor Untrib Alvonso F Gorang, S.Sos.,MM menyampaikan bahwa acara dies natalis merupakan sebuah momentum perenungan diri, momentum dimana Untrib melakukan evaluasi kritis terhadap kinerja kami dari tahun 2007 hingga saat ini. Gorang juga menyebutkan bahwa komitmen membangun yang kuat oleh para pendahulu dengan bekerja keras tanpa pamrih, mereka hadir atas panggilan moral untuk melayani dalam kerangka meningkatkan dan mencerdaskan kehidupan sumberdaya manusia. Komitmen ini yang akan terus kami jaga dan bawa dalam berkarya melalui Untrib. Selanjutnya Alvonso juga mengatakan bahwa saat ini Untrib berada dalam tiga kondisi, yakni penurunan, Stagnasi dan Peningkatan. Stagnasi dikarenakan fasilitas-fasilitas seperti laboratorium dan beberapa perangkat-perngkat strategis yang dapat menunjang aktifitas belajar hingga saat ini masih belum ada peningkatan yang signifikan. Peningkatan, dalam perkembangan belajar, Untrib mengalami peningkatan-peningkatan dari berbagai segi, seperti ketersediaan SDM dosen. Ia menyampaikan bahwa sampai saat ini dosen yang melanjutkan studi lanjut Strata dua berjumlah 34 orang sedangkan untuk studi lanjut doktor berjumlah 2 orang. Alvonso menambahkan bahwa dukungan, kerjasama dari semua pihak Untrib dapat mencapai mutu dan prestasi bagi bangsa ini. Untuk itu, kami sangat mengharapkan dukungan pemerintah karena kami juga bagian dari deerah ini dan juga melaksanakan tugas-tugas pemerintah di bidang pendidikan. Selain peningkatan SDM, peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Untrib memiliki respon positif, ini ditandai dengan penerimaan mahasiswa baru tahun 2016 berjumlah 518 orang. Diakhir dari sambutan, Gorang mengucapkan terimakasih kepada Ibu Dina Takalapeta, Bapak Ayub Ranoh, Bapak Dunand Jalla dan Bapak Fredrik Kande yang telah mengukir dan membawa Untrib sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di daerah perbatasan yang diakui oleh pemerintah dan masyarakat.
selain itu, Ketua Pembina Yayasan Dan Bekak, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai lembaga swasta tentunya Untrib sebagai penyedia jasa sehingga jualannya adalah kualitas pelayanan pendidikan. Bekak  percaya kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh Untrib dapat menarik minat masyarakat untuk melihat Untrib sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang dapat dipercaya untuk menyekolahkan anak-anaknya. Ia menambahkan dalam perkembangan Untrib hingga saat ini, Yayasan Tribuana telah merumuskan dan menghasilkan sejumlah ketentuan regulasi yang dapat menunjang eksistensi Untrib dalam berkarya didunia pendidikan. Untrib membanggakan bukan karena kehadirannya melainkan kualitas pelayanan yang ditawarkan., Tutup Bekak. Sedangkan sambutan Bupati Alor yang disampaikan oleh Sekda Hopni Bukang, sebagai pengantar sambutannya, Bukang mengkritisi panitia penyelenggara yang tidak melibatkan DPR dalam kegiatan tersebut. Bagi Hopni, pemerintahan adalah eksekutif dan legislatif, berbicara harapan-harapan maupun dukungan-dukungan seharusnya eksekutif dan legislatif perlu ada dalam kegiatan ini, hal ini berkaitan dengan politik anggaran. Selanjutnya Sekda, menyampaikan bahwa pemerintah akan terus memberikan dukungan bagi Untrib dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi, walaupun regulasi melalui Permendagri 31,32 yang mengatur tentang Bansos membatasi perhatian lebih pemerintah kepada Untrib. Akan tetapi Hopni menambahkan bahwa komitmen Bupati untuk memberikan dukungan kepada Untrib selalu ada karena perguruan tinggi menjadi salah satu prasyarat sebuah otonomi daerah. Oleh karena itu Untrib merupakan salah satu aset daerah sehingga Untrib tidak bisa diklaim sebagai milik gereja atau orang-orang tertentu melainkan juga milik daerah.
S
uara gembala yang disampaikan oleh Pdt, Yakobus Pulamau,S.Th mewakili klasis-klasis setribuana menyampaikan bahwa proses demi proses Untrib telah menemukan identitasnya sebagai milik semua orang dan sedang menjadi alat kebanggaan orang alor sehinga pada dies natalis ke-9 merupakan momentum refleksi bagaimana orang alor memberi dukungan, bagaimana gereja memberi dukungan dan bagaimana pemerintah memberi dukungan terhadap Untrib sebagai satu-satunya universitas yang menjadi  aset daerah. Untuk mendapatkan dukungan, Universitas harus terus membenahi diri untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kedisiplinan dan memiliki relasi yang luas dan terbuka untuk di koreksi.  Ia menambahkan dalam sidang GMIT di Rote menetapkan 3 universitas sebagai milik gereja yakni UKAW,Untrib Kalabahi, INSTKIP Soe  menjadi aset Gmit yang akan terus memberi perhatian dan yakinlah Untrib akan berjalan dalam tuntunan dan cinta kasih Tuhan.
P
engamatan AK, diakhir dari perayaan dies natalis untrib, terdapat agenda penyerahan diakonia kepada keluarga alm.Andreas Malaikosa dan Alm. Musa Molebia mereka adalah orang-orang yang berjasa terhadap perjalanan perkembangan Untrib. BS


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.